Asiatique, Tempat Wisata Belanja yang Romantis di Bangkok

Asiatique, Tempat Wisata Belanja yang Romantis di Bangkok

Kali ini saya mau share mengenai salah satu spot wisata romantis yang ada di kota bangkok, khususnya buat sobat travelers yang lagi liburan tapi senangnya belanja, makan ataupun nongkrong. Ya tempat apa itu? Tempat wisata yang wajib sobat kunjungi waktu liburan Di Bangkok adalah asiatique, the Riverfront. Apakah anda sudah pernah berkunjung ke asiatique? Apa itu asiatique? Oke mari kita berbagi pengalaman beserta tips buat sobat yang mungkin ada rencana minggu ini, bulan ini ataupun tahun depan ke asiatique, check it out.

Asiatique : the Riverfront masa kini

Asal Usul Asiatique the Riverfront


Asiatique ini dulunya adalah dermaga kapal laut, jadi awal mulanya kalau ga salah pada tahun 1990an Raja Yang berkuasa di daerah ini yaitu Raja Chulalongkorn ( agak sulit nulis namanya) sedang waspada karena ada gerakan invasi dan penjajahan bangsa Eropa ke Siam (Thailand). Raja pun memiliki ide untuk berkerjasama dengan Denmark agar bisa menghadapi ancaman penjajahan yang akan terjadi, lalu dibuat lah dermaga ini sebagai salah satu wujud kerjasama antara kerajaan Siam dengan Denmark. Berlangsungnya kerjasama ini pun menjadi awal sejarah perdangan Internasional kerajaan Siam, dan hal ini merupakan salah satu faktor penentu kenapa negara Thailand adalah satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah di regional Asean. Dermaga ini memiliki banyak kegiatan perdagangan saat itu dimana salah satu fungsi utama dermaga ini adalah untuk mengekspor kayu jati yang dimiliki oleh penduduk Denmark, kalau tidak salah bernama Mr. Hans Anderson dan dia juga lah yang punya perusahaan dengan nama East asiatique Company, yang kemudian tempat ini pun dikenal dengan nama Asiatique the Riverfront.
Bianglala yang menjadi ikon asiatique

Asiatique, tempat wisata romantis yang wajib dikunjungi,

       Asiatique adalah tempat wisata belanja yang unik dimana kita bisa belanja sambil menikmati secangkir kopi ataupun menikmati makanan-makanan khas Thailand, selain itu kita juga bisa memandangi ornamen-ornamen tempat ini yang dikelilingi dengan hiasan-hiasan unik seperti taman   yang pagarnya dililit dengan gembok ( kaya yang ada di Paris), tower jam yang cantik sampai ada  hiasan super besar seperti Bianglala yang menjadi ikon dari  tempat Wisata ini. Asiatique ini memilik lahan yang cukup luas dan dipastikan bisa bikin kamu jadi ganas waktu belanja ( kaki pun ikut kebas, ga percaya ? Buktikan aja, hehe), arsitektur bangunan nya pun sebagian besar mengikuti gaya semi eropa pada abad 19, futuristik, antik dan unik. Lokasinya yang berada di pinggir sungai besar dan terkenal yaitu sungai Chao Praya ini pun semakin menambah nilai plus dari tempat wisata belanja ini, kenapa begitu? Karena hembusan angin dan pengalaman berada di dermaga itu ( plus kalau anda ke asiatique via kapal ferry, nanti bisa baca artikel mengenai romantisme sungai chao praya) menambah sensasi pengalaman yang lebih-lebih. Bangunan hotel dan gedung tinggi di sekitar dermaga yang bisa menjadi background foto kita pun akan membuat kita semakin terkagum akan suasananya, di dermaga ini juga masih ada sisa-sisa peralatan maupun penanda masa lalu yang menunjukkan asal mula dermaga ini. 
      Berfoto disini pada malam hari maupun siang akan sama asiknya, hanya saja mungkin sobat harus charge smartphone sampai penuh, karena takutnya kehabisan baterai. Berfoto di siang hari ada banyak sekali spot yang bisa kita jadikan latar, mulai gedung, taman maupun arsitektur bangunan. Selfie malam hari pun sama indahnya, yang jadi incaran sudah jelas adalah bianglala, karena sangat antik dan unik, lampu-lampu yang warna warni membuat kita betah berlama-lama sambil minum teh jelly ( minuman yang lagi hits disana waktu juli 2015). Makanan nya pun beragam dari yang murah sampai mahal, dari yang enak sampai aneh, barang-barang nya pun juga lumayan unik dari yang khas Bangkok, handmade sampai yang di jual di Petisah ( Tanah abang versi Medan) juga ada. Suasana yang saling mendukung dan melengkapi benar-benar membuat kesan romantisme sangat terasa disini, indah, antik dan futuristik. Pasangan yang berbulan madu pun sangat direkomendasikan ke tempat ini, hanya saja awas jangan sampai ke calypso Cabaret, hmm. Bersama keluarga, berpasangan ataupun sama teman-teman sama asiknya, karena memang semua disediakan disini, bahkan bagi yang muslim mesjid dan makanan halal ada disini. 

Salah satu taman yang unik di asiatique

Gembok cinta asiatique ( mirip di Paris )

Transportasi dan lokasi Asiatique The Riverfront


Alamat: 2194 Charoenkrung Road, Wat Prayakrai, Bangkoleam, Bangkok

Telepon: +66 2 108 4488

Waktu operasional : 17.00-23.30
Website : thaiasiatique.com

Transportasi 
Via shuttle boat : kita naik BTS apa saja terserah yang penting turunnya wajib di BTS saphan taksin, setelah sampai di BTS saphan taksin turun lah dari BTS dan jalan ke ujung terminal BTS, nanti akan ada pintu exit serta eskalator menuju ke lantai bawah ( jalan raya). Lalu berjalan sekitar 100m ( kalau ga salah hitung, ga bawa meteran kemarin soalnya) lurus ke depan kita akan menemukan dermaga sathorn pier. Shuttle boat yang menuju ke asiatique ada di paling kiri dermaga, shuttle boat ini gratis, karena tujuannya hanya menuju ke asiatique. Express Boat nya ada yang bayar murah, ada yang bayar agak mahal karena express ( ga berhenti di tiap dermaga ) dan ada yang gratis yang menuju asiatique, jadi jangan salah antri naik shuttle boat nya ya.
Jalur pulang sama saja dengan pergi, tapi kemarin kami menggunakan taxi untuk pulang menuju ke daerah siam.

Harga Tiket :
Biaya yang diperlukan untuk masuk ke lokasi ini tidak ada alias GRATIS, bahkan shuttle boat nya juga gratis, yang bayar ya ketika sobat travelers mau belanja ataupun makan. Jadi mau makan plus belanja ataupun cuma nongkrong cantik sambil selfie-selfie, semua bebas dilakukan.


Tips dan trik
1. Datang dan berkunjunglah di waktu sore.
karena belum terlalu ramai jadi kita bebas selfie dan bisa dapat foto sewaktu sore dan malam ( soalnya sore dan malam sama bagusnya), jadi usahakan sore sudah sampai.
2. Siapkan stamina dan baterai smartphone anda.
Tempat ini tempat yang asik buat nongkrong, foto2 dan belanja, jadi kalau mau lakukan itu semua, usahakan jangan terlalu lelah sebelumnya, karena akan menguras cukupa banyak stamina.
3. Wajib naik shuttle boat
Sensasi ketika menaiki shuttle boat menuju lokasi sangat menyenangkan apalagi ketika sore, angin sepoy-sepoy ditambah udara hangat, jadi ini ga boleh dilewatin.
4. Mesjid dan makanan halal tersedia
Buat yang muslim jangan takut ga bisa solat, meskipun bisa jamak nanti waktu di hotel atau penginapan, tapi disini ada mesjid kok dan mesjidnya cukup bagus dan berada pas di seberang  asiatique. Disebelahnya juga ada warung makanan halal yang sesuai dengan budget cekak alias pas-pasan, cocok buat yang ga mau makan di asiatique, kan lumayan hemat bisa buat beli oleh-oleh :).
5 lebih hemat pulang naik taxi kalau rombongan
Kalau tujuan sobat adalah BTS saphan taksin maka dipastikan lebih hemat menggunakan taxi, karena selain lebih praktis, juga lebih cepat, lebih aman ( karena sudah malam sekali pastinya ) dan lebih santai karena tidak perlu ganti kendaraan. Jadi silahkan dihitung budgetnya.
6 kalau belanja jangan kebablasan, ingat masih ada pasar chatuchak yang lebih murah kalau mau wisata belanja gila-gilaan.
7. Menawar secara wajar
Nawar itu boleh tapi jangan kelewatan, karena bisa dimarahi sama penjualnya,hihi. Tapi gapapa kok, mana tau rejeki abis marah dia kasi barangnya.

     Itulah secuil review yang bisa saya share mengenai asiatique the Riverfront, tempat wisata belanja di Bangkok yang wajib dikunjungi saat libur panjang, pendek maupun liburan sekolah. Hopefully bisa memberikan gambaran kepada para sobat travelers ketika akan liburan dan berwisata ke bangkok, selamat berkhayal, selamat bermimpi, selamat makin bingung, selamat menghitung budget dan selamat menikmati  liburan.

Keep travel dan ayok melalak :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »