BIAYA LIBURAN DAN WISATA HEMAT KE BANGKOK HARI 3

Hari ke 3 di Bangkok. Rencana berikutnya adalah wisata belanja plus mengunjungi mesjid di Bangkok. Dari rumah kita udah susun mau ke mesjid mana dan makan di mana ( karena rendang buatan emak uda mau habis), dan hari ini eksekusi pun dilakukan, berbekal capture peta, nama lokasi dalam bahasa thailand, dan rutenya agar tidak gampang dibawa nyasar sama supir tuk-tuk atau taxi.
Keluar hotel sekitar jam 09.00, kita singgah ke supermarket seven eleven beli cemilan buat di jalan. Masih berjalan kaki, tujuan pertama adalah museum Jim Thompson, museum yang cukup terkenal dan wajib dikunjungi ketika kamu berada di Bangkok. Dari hotel ke museum cukup jalan 15 menit,   Karena kami kan nginap di depan MBK, jadi ya dekat sekali, wong jaraknya paling cuma 600m. karena museumnya buka dari jam 9an jadi kami jalan santai hitung-hitung sekalian olah raga.
Oia bagi sobat yang mungkin sedang butuh review berapa biaya yang dibutuhkan
Silahkan klik:  biaya jalan hemat ke bangkok hari 1
                        biaya jalan hemat ke Bangkok hari 2

Museum Jim Thompson

Jim thompson berada di daerah siam, biaya nya sekitar 150 baht / orang, sampai di dalam langsung di tawarin untuk ikut tur tentang asal mula rumah Jim Thompson, rumahnya bagus penuh sejarah dan artifak khas Bangkok. Setelah puas foto dan berkeliling mengkuti tour guide di museum jim Thompson, waktu sudah hampir dekat dengan sholat djuhur, maka tujuan berikutnya adalah mesjid Darul Aman. Mesjid ini berada di salah satu pemukiman islam di Bangkok, Kita menggunakan tuk tuk dari Jim thompson ke mesjid Darul Aman agar lebih cepat dan bisa ikutan berjemaah di sana. Seperti kebanyakan review para pelancong Bangkok, tuk-tuk selalu membawa berkeliling dulu ke toko sponsorship mereka. Si supir tuk tuk meminta izin kepada kami terlebih dahulu untuk dapat singgah ke toko yang dia maksud agar sekedar melihat-lihat. Tidak masalah, asal tidak terlalu buang waktu, toh juga tidak mengeluarkan uang, hanya saja wajah si bapak sopir tuktuk nya agak sedikit kecewa karena kami tidak belanja, yah gimana mau belanja, soalnya ga sesuai budget sih toko yang ditawarin si pak sopir, hehe. Tiba di mesjid darul aman, lokasinya mudah ditemui dari pinggir jalan besar,  agak masuk ke gang sedikit sekitar 20 meter saja, tepatnya di jalan petchaburi 7, kawasan ini adalah salah satu pemukiman muslim yang cukup terkenal.
Mesjid Darul Aman

Selesai berjamaah dan shalat jamak di mesjid, destinasi berikutnya adalah wisata kuliner halal. Ada satu kawasan tempat makanan halal tidak jauh dari petchaburi 7. Berjalan kaki sekitar 5 menit dan kami pun tiba di muslim food. Ada beberapa toko makanan halal, kami memilih memasuki salah satu tempat yang pemiliknya asal Malaysia, kalau tidak salah namanya toko fatimah. Banyak bertanya sebelum order itu sah sah saja, tanya dengan benar harga perporsinya karna kami takut salah harga. Saya cukup cerewet dalam hal order makanan, menanyakan komposisi makanannya apa saja, rasanya cenderung pedas atau manis, hingga tambahan telur atau ayam, serta sayur-sayurannya. Saya gak mau jika yang dipesan tidak sesuai gambar pada menu, apa lagi sampai salah paham cita rasa, hihihi, tapi syukur ternyata yang punya bisa bahasa melayu jadi lebih mudah dalam komunikasi. Namun ternyata harganya masih lebih murah di terminal 21, sebagai perbandingan di terminal 21 kemarin cuma 30 baht kalau ga salah, di warung fatimah ini kalau tidak salah sekitar 60an baht, tapi yasudah hana masalah lah.
Kenyang makan di muslim food, kita melanjutkan perjalanan ke platinum mall. Kami jalan kaki dari petchaburi ke platinum mall ini, karena saya liat dari map lurus saja dan sepertinya dekat, ternyata 1 km lebih juga, lagian gada BTS yang dekat situ, jadi solusi kalau ga naik taxi, bus ya jalan kaki lah, efeknya kaki kebas dan mata berkunang-kunang. Sampai di platinum mata kembali segar karena barangnya bagus-bagus plus Mall ini terkenal dengan harga yang miring untuk pembelian grosir. Para pemilik butik dan pengusaha fashion yang langganan jualan baju Bangkok pasti kenal mall ini, Mall nya full Ac, ada 6 lantai kalau tidak salah, tiap lantai dibedakan berdasarkan kategori  seperti kategori pria, wanita maupun anak-anak. Kebanyakan baju yang dijual adalah gaya fashion korea, sebagian besar model sama seperti yang dijual di mall pasar petisah medan ataupun tanah abang. Lorong-lorong mall penuh dengan orang yang menjinjing koper pelastik dorong ukuran jumbo. Benar benar suasana belanja yang ramai. Kita gagal tawar menawar belanja di sini, semua harga pas. Beli satu sekian bath, beli minimal 3 baru boleh kurang, beli 3 atau 5 atau lebih lagi harga sama. Saran aja sebenarnya harga pakaian disini tidak terlalu jauh beda sama harga di Indonesia, harganya cuma beti la alias beda tipis, ditambah penjual nya sedikit "sombong" pula dalam nego harga, hehe.
Selesai belanja beberapa barang di Mall platinum, sasaran berikutnya adalah museum 3D di esplanade mall. Kami menggunakan taxi dengan biaya sekitar 100 baht saja, tapi sebelumnya kami coba untuk menawar tuktuk, ternyata harganya sangat jauh beda yaitu sekitar 300 baht, Bah?Langsung saja saya abaikan mereka, lalu para sopir tuktuk langsung menurunkan harganya  jadi 200 baht, halah saya tinggal saja dan langsung pesan taxi, lebih aman dan nyaman lagian juga menggunakan argo, jadi kita bisa pantau biayanya. Jadi sobat travelers wajib hati-hati saat  menawar tuk-tuk, karena sepertinya mereka suka mematok harga cukup tinggi kepada turis maupun wisatawan. Sesampai di Esplanade Mall kami keliling sebentar melihat-lihat Mall ini dan langsung menuju lantai 4 mall ini dan masuk ke museum 3D ini yaitu Art of Paradise. Awalnya sih biasa saja tapi ternyata setelah sampai didalam tiba-tiba saya dan istri jadi fotografer dadakan, haha. Saya terheran-heran melihat dinding, lantai dan langit-langit yang penuh gambar dan cat berwarna warni, maklum baru pertama kali ke museum 3D. Kami butuh waktu 2 jam lebih bahkan hampir 3 jam untuk memutari 2 lantai museum ini, dan berusaha berpose semaksimal mungkin pada setiap lukisan. Namun ternyata tidak semua lukisan bisa tampak indah dan sesuai dengan tubuh kita setelah di foto, butuh teknik dan angel yang pas agar mendapatkan hasil foto yang memuaskan, saran saja siapkan lah baterai smartphone ataupun powerbank dan sobat travelers harus sediakan waktu minimal 2 jam, karena dijamin pasti ketagihan jadi model.
Art of Paradise : museum 3d
Hari sudah pukul 8 malam. Kami harus segera mengakhiri acara narsis-narsis melantai di museum 3D. Kami ingin mencoba menggunakan MRT kali ini, ya kereta api bawah tanah nya Bangkok,  stasiunnya pas di depan espalanade mall, jadi tidak perlu kahawatir pulang malam, karena kan masih ramai sekali. Tiba di stasiun MRT, kami mengambil tujuan ke stasiun sukhumvit. Keluar dari stasiun MRT, kami menaiki escalator dan langsung memasuki stasiun BTS asok dengan tujuan national stadium ( hotel muangphol mansion), sangat praktis dan cepat.
Perjalanan hari ke 3 sangat melelahkan, energi banyak terkuras di museum 3D dan di platinum mall. Masih ada sisa 2 hari petualangan lagi di kota Bangkok. Dan kesan hari ini adalah, Bangkok punya banyak museum, dari museum jadul, hingga museum modern dan pusat perbelanjaan yang wauw, Transportasi massal-nya juga sangat dapat diandalkan, nyaman dan praktis.

Berikut ini Daftar biaya hari ke 3:

60 bath jajan di sevel
300 bath masuk jim Thompson (x2)
30 bath tuktuk petchaburi-mesjid darulaman
170 bath makan di muslim food (x2)
879 bath belanja belinji
27 bath kehausan beli milo dingin
100 bath taxi platinum-museum 3D
42 bath MRT Thailand culture-sukumvit (x2)
62 bath BTS asok-National stadium (x2)
137 bath jajan pulang

Semoga review yang secuil ini bisa membantu sobat travelers dalam membuat initiary nya, dan mengatur anggarannya biar ga kebablasan.

Selamat liburan, keep travel dan ayok melalak :)