Cara menggunakan Mrt di Bangkok

Cara menggunakan Mrt di Bangkok


Mrt adalah salah satu jenis transpoeprtasi umum di negara gajah putih alias Bangkok yang sangat populer di kalangan para turis mancanegara. Berikut ini kami sajikan tutorial singkat cara menggunakan MRT di Bangkok, bagi para sobat travelers ataupun backpackers yang sedang liburan dan berwisata ke Bangkok. Ok check it out !

Sekilas MRT

MRT adalah salah satu alternatif kendaraan umum atau public transportation di Bangkok yang sangat nyaman dan aman untuk digunakan. Metropolitan Rapid Transit , kadang disebut juga Mass Rapid Transit System atau yang lebih populer dengan sebutan MRT ini hampir sama dengan BTS pada umumnya, hanya saja pembeda utamanya adalah BTS berjalan di atas tanah atau disebut juga Sky Train sementara MRT ini menyusuri jalan kota-kota Bangkok di bawah tanah. Menggunakan koin sebagai tiket nya dan memiliki interior yang sangat nyaman plus ada Ac dan LCD dan Voice Command serta bisa melalui kota Bangkok dengan sangat cepat, MRT menjadi salah satu kendaraan terfavorit para turis asing dalam menjelajahi kota Bangkok. Interior kereta yang didominasi oleh warna kuning, ruang tunggu kereta yang modern, sampai teknologi dalam pembelian tiket yang canggih ditambah pula dengan berbagai macam promo yang diberikan pemerintah Thailand dalam mensosialkan public transport nya ini patut kita acungi jempol. Namun harga tiket yang tidak bisa dibilang cukup murah tidak menjadi masalah bagi para travelers, khususnya bagi para turis yang berasal dari negara berkembang karena bisa memberikan pengalaman dan sensasi baru dalam mencoba MRT Bangkok ini


Cara menggunakan MRT

        Hal yang perlu diperhatikan pertama kali dalam menggunakan MRT ini mungkin sobat bisa search di google dulu mengenai gambar dari rute stasiun MRT ini,setelah itu kita tentukan tujuan nya kemana. Sebagai petunjuk untuk memahami gambarnya, bisa kita kihat dari gambar yang ada, ditunjukkan ada banyak jenis transportasi yang digunakan. MRT , BTS, ARL semua berhubungan, namun rute ke 3 nya berbeda.
        Kita ambil contoh, kemarin saya mau berkunjung ke mall esplanade, dimana dalam mall itu di lantai 5 ada Museum 3D : Art of Paradise yang cukup populer di kalangan wisatawan. Saya libat di peta, public transport yang laling dekat adalah MRT, yaitu MRT Thailand Culture Centre. Jadi dari BTS Siam ( kebetulan kemarin dari daerah Siam ) kami langsung menuju ke lokasi asok lalu berganti menjadi MRT Sukhumvit dan tiba di MRT Thailand cultural centre. Kenapa turu  di BTS asok ? Karena BTs asok adalah tempat perpindahan dari BTS ke MRT, tentu saja harus membeli tiket lagi.

Cara menggunakan Mrt di Bangkok
Map dan route Transportasi bangkok




Setelah mengerti membaca rute, Lalu bagaimana cara membeli tiketnya? Cara beli tiketnya hampir sama saja sebenarnya seperti BTS, hanya saja kalau BTS menggunakan mesin yang masih agak jadul kalau MRT sudah menggunakan mesin touch screen dan ada pilihan bahasa, sentuh rute yang diinginkan lalu masukkan koinnya lalu mesin akan mengeluarkan tiket nya. Berbeda dengan BTS, dimana BTS tiket nya seperti ATM namun kalau MRT seperti koin plastik elektromganetik, lalu kalau di BTS membelinya wajib menggunakan koin, kalau BTS bisa juga dengan menggunakan uang kertas. Kalau anda tidak memiliki koin anda juga bisa menukarnya di tempat penukaran koin, karena disini loket penukaran koin juga ada seperti yang ada di stasiun BTS.

Cara menggunakan Mrt di Bangkok
Cara menggunakan Mrt di Bangkok
Koin MRT

Setelah tahu cara membaca map dan membeli koin, Selanjutnya tinggal ikuti instruksi seperti biasa, anda telah memegang koin tiket lalu berjalanlah menuju ke palang pintu dan tempelkan koin kecil yang jadi tiketnya itu ke sensor mesin yang ada di palang pintu itu. Palang nya terbuka dan berjalanlah menuju ke kereta MRT dan antri seperti biasa

Tips hemat menggunakan MRT

1. Tidak boleh makan dan minum menuju MRT, jadi habiskan la makan dan minum sebelum naik MRT, bahkan sebelum memasuki palang pintu ( barriernya ).
2. Lihat biaya yang dikeluarkan bila menggunakan MRT, lebih hemat mana antara taxi atau dengan MRT.
3. Bila anda membawa barang bawaan besar dan penampilan anda benar-benar terlihat seperti turis, pakai kacamata hitam, celana pendek, bawa kamera, pakai topi atau apapun lah ( perasaan uda paling keren lah), maka jangan bingung ketika petugas meminta anda untuk memperlihatkan isi barang bawaan anda.

Sekian review dari kami mengenai cara menggunakan MRT di Bangkok, semoga review kami tentang cara menggunakan MRT di Bangkok ini bisa membantu sobat travelers dalam menentukan rute perjalanan anda di Bangkok dan menghindarkan anda dari kebingungan karena berbahasa ala tarzan, haha.

Ok keep travel dan ayok melalak

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »