Chao Phraya River : Menikmati Bangkok dari sudut berbeda

Bangkok adalah kota yang terkenal karena kuilnya dan barang nya yang unik dan murah, namun ternyata juga memiliki sudut yang berbeda untuk dinikmat. Apa itu? Sungai Chao Phraya ataupun Chao Phraya River adalah sungai yang bisa mengantarkan kita ke berbagai destinasi wisata seperti wat arun dan lainnya dan memiliki fungsi vital sebagai transportasi di Kota bangkok. Seperti apa Sungainya? Apa kelebihan dan keunikannya? OK Check it Out !

Chao Phraya River : Menikmati Bangkok dari sudut berbeda
Chao Phraya

Asal Usul Sungai Chao Phraya

      Sungai Chao Phraya ini dikenal juga dengan nama "Menam Chao Phraya" dan merupakan sungai yang terpanjang dan cukup vital sebagai sarana transportasi laut yang utama di negara Thailand. Panjangnya yang cukup luar biasa yaitu sekitar kurang lebih 372 kilometer mengalir dari arah utara Thailand dan bermuara menuju ke  Teluk Thailand (Teluk Siam) yaitu di daerah selatan Thaiiland. Sungai ini juga membentuk Lembah Chao Phraya atau lebih populer disebut juga dengan 'Basin Chao Phraya'.  Kota Bangkok pun tumbuh cukup pesat karena sungai i ni telah membantu aktifitas penduduk yaitu sekitar 8,1 juta penduduk yang terbantu, tak terbantahkan lagi bahwa sungai Chao Phraya ini adalah sungai yang punya peran sangat Vital di Thailand.

Keunikan Sungai Chao Phraya

      Sungai ini sangat istimewa karena selain sebagai sarana transportasi untuk mendukung aktifitas warga, namun sekarang ini juga menjadi obyek wisata di bangkok. Bagi para turis dan wisatawan serta penduduk lokal, semuanya pasti menggunakan transportasi boat yang melintas di Sungai Chao Phraya ini. Bagi para wisatawan sungai chao phraya ini bisa digunakan untuk bermuara ke Wat Arun, Grand Palace, Wat Pho dan Asiatique dan lainnya menggunakan express boat maupun boat yang disediakan oleh pemerintah. Tidak hanya obyek wisata yang disebutkan tadi aja, namun yang lainnya juga bisa dikunjungi melalui sungai Chao Phraya ini.  Keindahan gedung-gedung tinggi yang kita lewati dan hembusan angin sepoy-sepoy menambah sensasi unik tersendiri saat kita menyebarangi sungai Chao Phraya ini. Menyusuri sungai ini pada malam hari juga sama saja indahnya, lampu-lampu gedung sangat cantik dan angat indah untuk kita nikmati seperti dari The Peninsula Bangkok, Shangri-La Hotel Bangkok, Mandarin Oriental Bangkok, The Peninsula Bangkok dan Royal Orchid Sheraton Hotel. Hotel-hotel tersebut juga mempunyai jalur khusus menuju ke Sungai Chao Phraya.          

Chao Phraya River : Menikmati Bangkok dari sudut berbeda
Dermaga Sathorn Pier

        Dengan membayar tiket terusan kita bisa berhenti dimana saja sesuka hati kita. Selain itu kita juga bisa menikmati makan malam di sungai chao Phraya ditemani penyanyi dan band yang cukup asik, yang dikenal dengan cruise dinner, namun kita harus mengguanakan boat yang berbeda dan jauh lebih mahal pastinya. Bila sobat ingin belanja dan nongkrong ala anak muda bisa naik shuttle boat gratis yang menuju ke Asiatique, tempat hits dan gaulnya anak nongkrong kota Bangkok. Kalau ingin melihat sunset bisa berhenti di Maharat Road yang berekatan dengan Wat Pho, tempatnya berupa alun-alun, kita bisa berhenti sebentar di alun-alun tersebut sambil menikmat lalu lalang kapal yang berseliweran. Cukup banyak lagi keindahan dan keunikan yang bisa kita rasakan bisa kita menyusuri sungai chao Phraya ini yang tidak bisa diungkapkan. Namun bila ini kali pertama kamu ke Bangkok,jangan lupa untuk menyusuri nya ya. Oia Boat yang ada disini aktifitas nya sampai jam 23.00, jadi kamu bebas mau menikmatinya kapan, mau malam atau siang sama asiknya.

Tips dan Trik

  1. Menyusuri Sungai chao Phraya di malam hari maupun siang hari sama asiknya, karena kalau malam akan banyak lampu-lampu yang menghiai gedung sekitar. Siang hari pun tidak kalah karena gedung-gedung besar di pinggir sungai utama ini terlihat sangat jelas sehingga sangatbaik sebagai latar dan background foto.
  2. Kalau anda orang yang mabuk laut maka sebaiknya anda jangan ikut naik kapal ini, karena kapal ini cukup kuat hentakan ombaknya.
  3. Hati-hati dalam melakukan foto narsis alias selfie karena goncangan kapal yang kadang cukup kuat, ditakutkan Smartphone nya jatuh ke sungai, kan sayang jadinya ikan-ikan deh yang selfie. Hehe.
  4. Gunakan tiket terusan bila anda mau berhentimdi lebih dari 2 destinasi dan ingin pulang pergi menggunakan Boat ini.

      Sekian review dari kami mengenai Chao Phraya, sungai unik yang ada di kota Bangkok, semoga review ini bisa membantu anda dalam berwisata di Kota Bangkok dalam menentukan dan membuat initieary. Terimakasih bila bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ya ke fb, twitter ataupun g+ sobat.

Keep Travel dan ayok melalak

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »