Perlengkapan Umroh bagi Perempuan / Wanita

Perlengkapan Umroh Bagi Perempuan / Wanita


Jika dalam waktu dekat sobat trevelers memiliki rencana melakukan ibadah umroh ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, pasti masih banyak hal yang sobat bingungkan persiapan apa saja yang harus di bawa selama berada di sana. Jangan sampai ada yang kurang, terlebih lagi jika yang kurang itu merupakan hal yang cukup penting dan tidak dapat sobat temukan di Tanah Suci, sekali lagi jangan sampai hal ini terjadi apalagi sampai mengganggu kekhusukan ibadah umroh para sobat treverelrs yaa. Sebelum sobat melakukan packing, ada baiknya sobat teliti dulu perlengkapan umroh di bawah ini, terutama untuk para sobat trevelers perempuan / wanita.

Perlengkapan Umroh bagi Perempuan / Wanita
Perlengkapan Umroh bagi Perempuan / Wanita

Berikut pemaparan perlengkapan umroh bagi perempuan / wanita :


1. Baju harian. Sobat trevelers dapat membawa baju harian muslim selama berada di Tanah Suci, hindari celana, meskipun sangat longgar. Utamakan menggunakan terusan yang longgar, dengan warna-warna netral, jangan membentuk tubuh apalagi menerawang. Lengkapi dengan khimar yang menutupi hingga bawah dada. Jangan sampai pakai yang terlalu menyita perhatian ya sobat trevelers, karna perempuan / wanita di sana akan sangat menjadi pusat perhatian jika tampil sedikit saja mencolok, apalagipusat perhatian pandangan para lelaki, hindarilah sebaik mungkin untuk menambah kekhusukan sobat dalam menjalankan ibadah umroh.

2. Mukena. Bawalah mukena minimal 2 pasang. Sobat bisa membawa mukena dengan warna netral, boleh saja membawa mukena motif dengan corak warna yang terang, tapi mungkin sobat akan menjadi stasiun perhatian beberapa pandangan di sana. Salah satu mukena bisa sobat bawa yang berbahan agak tebal, bisa bermanfaat sekaligus untuk penghangat jika suhu dingin, atau bisa menghangatkan badan sobat treverelrs ketika sedang itikaf di mesjid. Namun sekedar informasi ternyata yang menggunakan mukena itu hanya orang Indonesia, Malaysia dan India saja, bagi orang arab turki maupun islam lainnya kebanyakan tidak menggunakan mukena, sehingga sangat mudah untuk menandakan orang Indonesia.

3. Manset khusus lengan tangan. Sobat dapat menggunakan ini untuk menutup aurat bagian tangan yang sering sekali terlihat dengan tidak sobat trevelers sadari. Pastikan manset menutup hingga tulang pergelangan tangan. Bawalah manset yang nyaman sobat kenakan, jika sobat lupa membawanya, jangan khawatir karna perlengkapan yang satu ini cukup banyak di jual eceran oleh pedagang kaki lima di sepanjang jalan menuju Mesjid Madinah, sobat juga bisa menawar harganya jika membeli dalam jumlah banyak.

4. Kaos kaki. Ini adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting. Kaos kaki sobat butuhkan nyaris disepanjang perjalanan. Terlebih untuk sobat trevelers wanita, selain untuk menutup aurat, kaos kaki juga membantu menghangat telapak kaki. Pilihlah kaos kaki yang cukup tebal untuk kondisi tertentu, atau yang sedikit tipis jika hanya untuk menutupi aurat selama mengenakan alas kaki. Dan kaos kaki juga bisa sobat beli di Tanah Suci, lengkap dengan sepatu kain yang banyak sekali di jual di sana.

5. Baju ikhram. Baju ikhram yang di maksud adalah baju kurung tertutup yang tidak membentuk aurat, lengkap dengan khimar. Biasanya pihak travel memberikan perlengkapan baju ikhram, atau bakal yang dapat sobat jahit untuk menjadi baju khimar. Namun jika pihak travel tidak memberikannya sobat bisa beli sendiri di toko baju muslim terdekat. Pilihlah baju ikhram yang berwarna hitam atau putih, jika memungkinkan tanyakan dulu sebelumnya kepada teman satu grup travel anda akan memakai baju berwarna apa ketika tawaf, karna ada baiknya sobat memakai warna yang seragam dengan kelompok umroh agar dapat dengan mudah mengenali, dan meminimalisir kemungkinan terpisah ketika tawaf.

6. Baju tidur. Bawalah baju yang nyaman sobat pakai tapi tetap sopan, seperti baju piyama berlengan panjang lengkap dengan delana panjangnya, longgar, dan tidak menerawang, meskipun dalam satu ruangan kamar sobat adalah wanita semua. Hindari daster pendek, atau baju tidur tipis lainnya, menjaga agar sobat tidak masuk angin karna suhu AC yang dingin.

7. Perlengkapan mandi. Jangan berharap setiap hotel / penginapan menyediakannya. Untuk kenyamanan dan kebersihan sobat trevelers, bawalah sendiri dari rumah, handuk bersih dan perlengkapan mandi praktis lainnya. Ohya jika memungkinkan bawalah beberapa pembalut, untuk berjaga-jaga, meskipun sobat dapat menemuinya di rak toilet pesawat.

8. Obat-obatan. Lengkapi persiapan sobat dengan obat-obatan yang penting, apalagi jika obat tersebut bisa dibutuhkan mendadak kapan saja dalam kondisi apapun.


Penjelasan di atas adalah beberapa perlengkapan umroh bagi perempuan / wanita yang penting untuk sobat bawa selama berada di Tanah Suci. Sobat trevelers tinggal menyesuaikan jumlah perlengkapan yang harus di bawa untuk dipakai berapa lama perjalanan ibadah umroh yang akan dilalui. Namun ingat, semakin banyak yang sobat trevelers bawa, maka semakin besar koper yang sobat harus gunakan dan semkain berat pula bawaan, perhitungkan juga bawaan ketika pulang umroh, bukankah sobat trevelers wanita lebih gemar belanja oleh-oleh? Atau sobat bisa bawa 1 koper kosong cadangan untuk memadatinya dengan oleh-oleh sepulang dari Tanah Suci. Tapi meskipun sobat sangat gemar belanja, jangan lupa fokus utama adalah ibadah umrohnya ya, jangan sampai salah fokus. Hehehe. Selamat menjalankan ibadah umroh ya para sobat trevelers. 

Keep Travel dan Ayok melalak J


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
June 13, 2019 at 9:52 PM delete

terimakasih ya, informasinya sangat membantu :)

Reply
avatar