5 Hal Mungkin Kamu Belum Tau dari Bangkok Thailand

 5 Hal Mungkin Kamu Belum Tau dari Bangkok Thailand

Bangkok adalah kota yang sangat sarat dengan budaya yang menarik yang mungkin masih sedikit mirip dengan negara INDONESIA. Namun tahukah anda ternyata meski memiliki budaya yang mirip dan juga bentuk wajah yang mirip ( sama-sama sawo masak kulitnya, hehehe) ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum berencana berlibur kesana. Ada 5 hal yang harus kamu persiapkan dan mungkin belum kamu ketahui saat melancong ke negeri gajah putih itu, apa saja? Berikut kita ulas satu persatu

1 Tidak perlu repot dengan uang koin ketika menggunakan BTS dan MRT

Ketika sobat sampai disana, kita tidak perlu mempersiapkan uang koin untuk dibayarkan atau untuk membeli tiket. Karena petugas disana sudah menyediakan pecahan nya. Mungkin awal nya akan terasa cukup membingungkan, karena mereka sulit untuk berbahasa inggris, dan tulisan nya pun yang cukup aduhai, sehingga semakin membuat pusing kepala, hahaha. Tapi nanti disitu ada petunjuk nya berapa duit yang harus dikeluarkan. Contoh nya adalah saat kita menggunakan salah satu transportasi kereta yang melayang di atas jalan atau disebut BTS, di gambar itu ada tertulis angka-angka dan garis warna hijau serta warna kuning. Untuk angka itu menunjukkan besar biayanya, jadi kalau biasanya dari bandara kita naik bus menuju kota Bangkok maka kita akan turun di stasiun BTS mo chit, lalu misalnya kita mau menuju mall MBK ( mall belanja ini hehe), maka kita harus turun di BTS national stadium dengan biaya 31 bath, jangan kahawatir kalau yang dimasukkan misalnya 40 bath karena nanti bakal ada kembaliannya dari mesin nya yaitu 9 bath.

              jalan di bangkok thailand bts travel wisata liburan ayok melalak              
Rute BTS kota Bangkok
  bangkok thailand bts travel wisata liburan ayok melancong
     Mesin tiket BTS
Nah gambar diatas adalah mesin yang akan mengeluarkan tiket nya, berupa kartu seperti atm, bukan kertas atau pun koin. Lalu uang koin tersebut dimasukkan ke mesin ini lalu tekan angka nya ( misalnya mau ke BTS national stadium tekan angka 31 , 31 itu berarti 31 bath, lalu masukkan koin nya misalnya 40 bath) lalu tiket akan keluar dan bila ada kembalian misalnya 9 bath akan keluar juga dari mesin terebut. BTS ini akan berhenti di setiap stasiun seperti busway, dan kita hanya bisa keluar di tempat yang kita tuju tadi, apabila kartu hilang maka mereka akan melihat tujuannya dan akan dikenai denda kalau tidak salah kemarin tujuan nya hanya sekitar15 bath dan kami harus membayar sebesar 40 bath. Oia sewaktu akan naik BTS ini kita dilarang sedang minum atau makan, jadi habiskan dulu makanan atau minumannya yah. 
Bagi sobat yang masih bingung cara menggunakan BTS bisa baca cara menggunakan bts di bangkok 

2. Tidak perlu khawatir kehabisan uang bath. Money changer everywhere

Ketika akan berangkat pastilah anda sudah mempersiapkan mata uang yang akan digunakan, yaitu bath, tapi ternyata kita tidak perlu mempersiapkan uang bath terlalu banyak ketika kita berniat belanja. Karena ternyata beli uang bath di Indonesia ( saat itu di kota Medan tahun 2015) 1 bath kursnya kira-kira 390 rupiah, dan ketika saya ke bandara kuala namu 1 bath itu sudah menjadi rp 500 dan lebih hebatnya lagi ternyata di bandara Don Mueang 1 bath itu Rp. 800. Wah hampir 2 kali lipat, sempat sedih dan hopeless untuk belanja karena shock ternyata mata uang Indonesia cukup bisa bikin mata agak berair, dan agak menyesal kenapa tidak tukar waktu di bandara kuala namu,hehe lebay. Tapi ternyata setelah saya cek ke money changer dekat BTS, 1 bath ternyata sekitar rp 520 hampir sama dengan money changer di bandara kuala namu.
                                 money changer di bangkok tukar uang baht waktu liburan dan wisata
   Money exchange yang ada di dekat BTS national stadium

Dan kemarin waktu berada di mall platinum 21 saya coba iseng cek ke ATM namun ternyata lebih gila lagi, karena ternyata saat di cek ternyata 500 bath hanya menghabiskan sekitar Rp.190.000 artinya cuma sekitar rp.380/ bath lebih murah sekitar Rp 10 rupiah dari money changer di Medan. Jadi kalau sobat berniat untuk wisata belanja di bangkok bawa seperlunya aja, jadi lebih aman dan tidak perlu was-was serta menghindari kelebihan uang bath di kantong kita. Namun saat transaksi dari atm mereka akan mengenakan charge fee sebesar 180 bath atau sekitar Rp.68.000 . Kmarin waktu kami ambil 200 ribu sampai 2 juta charge nya tetap 180 bath jadi saran saya kalau mau ambil sekaligus banyak biar lebih hemat hehe. Dan cara transaksinya cukup mudah seperti menggunakan atm biasa, lalu tekan menu tarik tunai, dan tarik uang sebesar yang kita mau. Nanti uang bath nya langsung keluar dan cari yang berlogo visa atau mastercard.

     atm tukar uang di bangkok waktu wisata
                                                    Transaksi money changer di atm

3. Pasar termurah tetap chatuchack yang hanya buka sabtu dan minggu

Pasti kita semua tahu bahwa barang-barang modis bangkok banyak yang berseliweran di indonesia. Barang Bangkok terkenal murah dan bagus-bagus, tapi setelah kami jalan2 ke MBK, pratunam dll, sepertinya tetap pasar chatuchack. Tapi ini menjadi kendala bagi sobat yang mungkin tidak tahu kalau pasar ini adalah pasar weekend dan hanya buka sabtu dan minggu. Padahal tiket murah ke Bangkok sering di hari selasa lalu kembali hari jumat jadi kita harus siasatin ini sebaik mungkin karena pasar chatuchack ini sangat besar sehingga kalau baru sekali saja tidak mungkin langsung menguasai pasar ini
belanja di bangkok di mall wisata liburan

                                     Suasana salah satu lokasi perbelanjaan di Bangkok

Tapi kalau baru pertama kali ke Bangkok ada baiknya sobat lihat-lihat kondisi dulu dan cari tempat penginapan yang murah untuk berkunjung berikutnya dan sering lihat artikel ini bila cukup membantu, hahaha. Tapi pada dasarnya barang di Bangkok cukup murah dan tidak terlalu beda dengan Indonesia, mungkin hampir sama dengan tanah Abang ( sepertinya pasar tanah abang termasuk terbesar di ASEAN ya?? ) mungkin karena barang nya yang agak tipis ala boyband gitu ( ups) jadi modelnya nya agak beda dan kualitas nya kelihatan nya lebih bagus sepertinya, makanya mungkin barang-barang Bangkok laku ya di Indonesia karena ya tau sendiri donk negara kita :)

4. Bahasa inggris cukup yes or no? Bahasa tarzan aja

Bila kita cukup fasih berbahasa Inggris itu bagus, namun bila kita ke Bangkok sebaiknya sobat gunakan bahasa tarzan saja, modal tunjuk ke kanan dan ke kiri. Soalnya tidak seperti kuala lumpur atau singapur, penduduknya sama kurang lebih bener2 sama dengan negara kita ( maaf sekali lagi saya mohon maaf. Tapi itu benar adanya). Jadi yang terbaik itu kita merencanakan dan menentukan rute itu sebelum berangkat, dan cari infonya lebih baik di internet karena bila tanya-tanya bisa semakin pusing. Saya juga pernah waktu pulang dari pratunam market saya pilih naik taxi karena BTS sudah berhenti beroperasi pukul 24:00, lalu saya dan istri minta diantarkan ke MBK ( kebetulan sebelah MBK saat itu ada kompetisi muathai) dia malah membawa saya ke kickboxing center, what the .... Yasudalah setelah berdebat akhirnya dia antarkan kami sampai juga ke tujuan meskipun agak was-was ( saat itu baru 2 hari setelah kejadian Bom di salah satu kuil Bangkok ). Tapi para petugas sebagian besar bisa kok berbahasa inggris dengan baik, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir, namun koneksi internet untuk browsing dan GPS tetap jadi andalan utama sepertinya, hmm.


     belanja di bangkok di mall wisata liburan
                               Kalau bahasa tarzan ga bisa. Ikuti kata hati aja deh vroh :D

5. Makanan halal? Gampang gampang susah

Ternyata label roti yang ada di seven eleven hampir semuanya tidak ada label halal nya ( bagi yang muslim ). Ini tentu jadi masalah ketika anda kelaparan di tengah tur. Saran saya perbanyak lah bawa makanan tahan lama, seperti teri atau rendang misalnya, sehingga anda cukup beli nasi saja di hotel ataupun di warung sekitar. Karena mencari makanan halal mesti di tempat tertentu. Memang tidak susah karena di chatucak ataupun di MBK outlet makanan halal itu tetap ada, hanya saja mana tau anda ingin bontot atau menyelipkan nya di tas anda. Sobat tidak akan menemukan roti atau yang semacamnya disana. Jadi ya pakai feeling saja lah mungkin ya, hehe.
      belanja di bangkok di mall wisata liburan makanan halal
                                   Salah satu outlet makanan halal di platinum mall

Itu lah beberapa hal yang mungkin sobat belum tau mengenai Bangkok, tapi kalau yang uda biasa pergi uda tau donk pastinya, hehe. Semoga review tadi dapat membantu sobat ketika akan traveling ke Bangkok dan dapat mengurangi bahasa tarzan, tapi pasti akan pakai bahasa tarzan juga ketika lagi nawar2 barang dan akan dimarahi ketika nawar kemurahan. Hahahaha..

Ok keep traveling dan ayok melalak :D


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
June 13, 2019 at 8:37 PM delete

terimakasih ya, informasinya sangat membantu :)

Reply
avatar