7 Hal yang Kamu Lupa Persiapkan Sebelum Umrah

7 Hal yang Kamu Lupa Persiapkan Sebelum Umrah

     Perjalanan ke tanah suci alias mecca ( mekkah ) adalah perjalanan yang dinanti semua orang baik haji ataupun umrah. Namun banyak dari kita sangkin kesenengan lupa buat persiapan. Karena umrah ini kan ibadah juga dan ibadah ini Harus dipersiapkan dengan sangat baik, supaya yang uda ngundang pun jadi seneng sama kita, hehehehe. Biasanya waktu umrah itu kan kita melakukan perjalanan di pesawat kurang lebih 8 jam, terus nanti waktu di mekah melakukan tawaf, lari di safa marwah, sampai tahalul ( potong rambut ). Jadi sobat harus persiapkan jiwa raga dan harta benda sebelum berangkat ( wauw kaya mau perang, emang iya sih ). Berikut ada 7 hal yang mungkin anda bisa anda lupa persiapkan karena sepele waktu mau berangkat umrah. Apa saja?? Cek it out !!

masjid nabawi wisata turis liburan hemat


1 olahraga dan jaga kesehatan

 Poin pertama yang sering lupa dilakuin ini paling penting waktu kita umrah, karena bila sampai disana kita sudah kelelahan duluan maka yang terjadi adalah semua yang akan kita kerjakan jadi sia-sia dan terlewatkan. Paling penting jangan bergadang ( boleh sih asal ada tujuan, kata om rhoma ya ) dan siapkan stamina untuk melakukan tawaf dan sebagainya.

2 pelembab kaki dan masker

Ya waktu tahun 2015 kmarin mekkah sedang renovasi besar-besaran, ekspansi luar biasa untuk menambah kuota jamaah alhasil abu sangat banyak dimana-mana. Tapak kaki pun jelas menjadi warna yang tidak beraturan( uda kayak nano-nano lah, tinggal dirasa aja, hahaha) jadi mungkin anda bisa jaga-jaga dengan oles pelembab kaki, meski sebenarnya kalau lupa juga bisa beli disana. Tapi banyak jamaah yang mengabaikan sehingga tapak kaki nya menjadi sakit atau luka.

3 jangan pernah takabur

Loh kok bukan benda ? Tapi sifat? Hehehe. Emang iya, karena kalau kita takabur percayalah kita kemungkinan besar akan kesulitan, entah itu tersasar. Waktu solat keinjak, sendal hilang, kejepit. Ini salah satu hal yang harus diketahui dan disadari karena disana efek kekuatan pikiran sangat cepat terjadi ( ga percaya? Buktikan! ). So kalau sobat agak angkuh atau negatif kebanyakan, seperti ga mau ikut rombongan, karena merasa hapal jalan ( ah aku kan uda 5 x kemari) atau merasa ga suka solat di belakang ( padahal uda penuh ) terus maksa ke depan. Siap-siaplah pulang naik taxi, karena tersasar, hahahaha. Jadi sebelum berangkat perbaiki niat. Oke vroh !

4.Jangan melepas tanda pengenal

Sewaktu kita di bandara, biasanya kita sudah diberi tanda pengenal oleh tour guide kita, jangan kita kepintaran coba-coba melepas dengan alasan apaun, baik itu berupa bet, gelang atau tanda pengenal apapun yang diberikan. Karena di mekkah jutaan manusia dengan berbagai macam sifat ada disana, kita memang harus berprasangka baik, tapi kita harus jaga-jaga karena bila anda tidak siaga maka anda akan tersesat. Mungkin bagi sebagian orang muda masih bisa pakai gadget atau smartphone untuk penunjuk arah, tapi bila kita bawa orang tua? Uda buyut pula? Wah bisa kesesat sampai sebulan disana, ga percaya? Hehe. Jangan sepele meski ini hal kecil ya sob.
jeddah passport masuk mendarat

5. Bawalah selimut meski berat

Kalau anda naik penerbangan tanpa jeda alias transit, maka anda tidak perlu repot bawa selimut, karena Pesawat menyediakan. Namun bila ternyata pesawat melakukan transit? Jangan anda kira akan transit satu jam, karena bisa sampai 6 jam bahkan 12 jam. Anda tidak tidur ? Apakah anda kira anda burung hantu? Bawalah selimut minimal untuk kesehatan dan kenyaman anda. Jadi meski suhu bandara sangat dingin anda tetap bisa nyaman, lagipula selimut ini bisa digunakan ketika nanti anda berniat iktikaf di masjdil haram, anda akan tetap nyaman.

6. Buku panduan doa wajib dibawa

Meski sekarang jaman nya smartphone, segalanya era digital. Boleh saja sih lihat doa-doa lewat smartphone, tapi apa yakin anda hapal? Jangan coba2 ya sob baca-baca doa sewaktu tawaf atau sai menggunakan smartphone. Ramai sekali, sangat berbahaya, karena bila smartphone terjatuh dan anda coba untuk meraihnya, maka tandu P3K akan menyeret anda keluar dari arena, hehe. Bercanda. Tapi ini serius. Bawa la buku panduan yang sudah diberikan oleh pihak penyelanggara. Jangan sepele meninggalkannya di hotel apalagi ditinggalkan di indonesia. Dan jangan coba-coba sok hapal dan minjam buku orang. Karena anda bikin repot orang lain.
mesjid nabawi waktu dikunjungi  malam hari

7. Lengkapi gadget dengan aplikasi dan aksesoris

Jangan lupa bawa headset, biar ga mati gaya. Download lagu-lagu islam seperti opick( biar kita makin nyatu seterusnya sampai balik ke tanah air, hehee). Download aplikasi umrah dan haji. Download map masjidil haram dan mesjid nabawi. Untuk memudahkan bila ternyata buku ketinggalan juga.

Mungki itu tips yang kadang orang terlupa untuk melengkapinya, karena bila orang lupa koper atau passportnya sudah pasti dia tidak umrah tapi cuma jalan-jalan ke sabang doang, hahaha ( parah kali donk sampai lupa passport) . Semoga review tadi membantu kamu dalam menjalankan umrah dan jangan lupa untuk selalu berdoa, okeee vroh? 

keep travel dan ayok melalak :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
July 19, 2019 at 7:45 AM delete

Informasi yang sangat menarik sekali Semoga dengan tulisan ini bisa menginspirasi dan memberikan informasi yang terbaik buat teman teman pembaca, salam kenal dari kami
Buat yang sedang mencari Biro Umroh Solo yang amanah dan terpercaya bisa kontak kami, atau sedang mencari Paket Umroh Solo Semptember 2019 atau bahkan untuk
Paket Umroh Solo Oktober 2019 dan juga untuk
Paket Umroh Solo November 2019 kami juga sudah merencanakan untuk anda Terima Kasih

Reply
avatar