Jabal Rahmah, Saksi Romantika Adam dan Hawa

Jabal Rahmah, Saksi Romantika Nabi Adam dan Hawa


Banyak Dari kita yang sampai sekarang masih takut mendaki, namun bagaimana bila kita mendaki bersama pasangan halal kita? Mendaki sambil berpegangan tangan, berdoa ketika sampai di puncak, ya bagaimana bila kita mendaki sebuah bukit dimana itu tempat nenek moyang kita bertemu, emang ada? Ya ada lah, namanya bukit arafah ( jabal rahmah).
Apa itu Jabal Rahmah ? Tempat apa? Apa maknanya? ya Jabal Rahmah adalah tempat Adam Dan hawa bertemu setelah sekian lama terpisah dan tempat ini adalah salah satu situs suci umat Islam, serta merupakan salah satu situs wisata terpopuler. Berikut kita ulas tentang bukit arafah ini, supaya teman- teman yang sedang liburan dan wisata religi bisa tahu gambaran seperti apa jabal rahmah ini.



jabal rahmah adalah tempat wisata umat islam

Mendaki jabal rahmah




Asal usul jabal rahmah

Konon katanya tempat ini merupakan tempat pertemuan Nabi Adam Dan hawa setelah mereka terpisah sekian lama ( sekitar 300 tahun kalau tidak salah berdasarkan informasi tour guide nya), ya terpisah karena mereka telah melanggar aturan Allah Swt, mereka memakan buah terlarang, yaitu buah khuldi, lalu terbukalah aurat mereka. Allah Swt murka karena mereka telah tergoda oleh setan, lalu Allah SWT mencampakkan Adam Dan pasangannya, hawa ke bumi dan mereka keluar Dari surga, lalu mereka dicampakkan ke tempat yang berbeda, saling berjauhan ( nabi Adam di India, dan Siti hawa di jeddah) tapi mereka akhirnya berkumpul kembali di  bukit rahmah ataupun yang kita kenal dengan jabal rahmah yang terletak di padang Arafah, dan melahirkan keturunan lalu membentuk keluarga beranak cucu seperti kita sekarang yang merupakan asal usul dari nenek moyang manusia. Kebetulan saya juga salah seorang yang kontra dengan teori evolusi darwin, bahwa nenek moyang manusia adalah monyet. Emang siapa yang mau berasal Dari monyet? Mungkin ada Kali ya yang mau?Hmm. Konon di jabal rahmah ini juga lah nabi Muhammad Saw menerima wahyu terakhirnya. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Madinah, mungkin hanya sekitar 1 jam saja. Tempat ini adalah tempat yang wajib dikunjungi dan dipadati oleh ribuan pengunjung dan wisatawan dari seluruh dunia baik turis lokal maupun turis mancanegara. Tinggi bukit nya pun mungkin cuma sekitar 40 meter saja, tidak terlalu tinggi, tapi tetap saja jabal rahmah penuh sesak karena semua jamaah umrah dan wisatawan ingin melihat tempat yang merupakan saksi dari kisah romantika nabi Adam dan Hawa.


Apa yang unik dan romantis di sini?

Tentu saja tempat ini menjadi istimewa karena selain keindahannya, ada sejarah yang menghiasi tempat ini, sehingga aura yang ada di bukit rahmah ini pun bisa menular kepada para jamaah maupun wisatawan yang mengunjungi tempat ini dan tempat wisata ini bukan hanya sekedar situs wisata, tapi juga merupakan situs agama. Dikelilingi pasir- pasir di sekitar bukit Dan anak tangga yang meliuk liuk ketika kita akan menaiki tangganya membuat tempat ini sangat Indah, apalagi bila kita memandang Dari kejauhan. Sekilas memang tempat ini sangat panas, Dan itu menang benar adanya tapi ketika kita sudah menaiki anak tangganya rasanya terik matahari tidak terlalu menjadi persoalan, karena suasana turis yang riuh dan ramai sehingga semakin membuat kita semakin menjadi penasaran ke atas bukitnya. Lalu ada apa diatas bukt nya? Diatas bukit Rahma kita akan mendapatkan sebuah monument atau tugu, apa arti monumen ini? Namanya saja sudah monumen, berarti dia adalah pengingat bahwa tempat ini lah awal mula dua manusia pertama di muka bumi bertemu . Namun para wisatawan sering menyalah artikan monumen ini sehingga bisa menjadi " sembahan yang tidak disengaja", ini sungguh sangat berbahaya.
Di atas bukit mungkin kita akan dianjurkan untuk berdoa oleh tour guide, tapi ada syarat dan ketentuannya. Apa saja ketentuannya?
1 tidak boleh solat dengan sengaja di depan tugu (bukankah harus hadap kiblat?)
2 tidak boleh mencoret-coret tugu ( kayak anak SMP lagi naik gunung aja)
3 tidak boleh berdoa mengusap-usap tugu ( entah apa tujuannya)
4 tidak boleh menempel-nempel foto di tugu.
Knapa hal ini dilarang? Yang pertama sudah tentu perbuatan ini merusak aset pemerintah arab saudi, meskipun tugu itu hanyalah buatan pemerintah arab saudi.  Alasan lainnya yang paling penting adalah karena tugu itu bisa membawa pada kesyirikan, padahal itu bukan sembahan, kalau kita seolah-olah menyembahnya berarti kita telah melakukan syirik dan itu termasuk dosa paling besar. Jadi kalau berdoa disitu ya sewajarnya saja tidak perlu ada hal spesial atau yang khusus yang kita lakukan disini. Katanya kalau kita berdoa selagi masih single ( jomblo alias belum menikah) kita akan cepat dapat jodoh, Dan bila kita sudah berumah tangga lalu berdoa bersama istri, rumah tangga kita katanya juga awet dan tidak banyak masalah. Saya pun juga berdoa bersama istri di tempat ini, tapi kami berdoa sewajarnya dan masing-masing. Berdoa memang ada tempat yang makbul untuk kita lakukan seperti di multazam ( antara hajar aswad Dan pintu kabah), tapi kita harus paham bahwa semua doa yang kita panjatkan di jabal rahmah ( bukit arafah) itu semua dipanjatkan kepada Allah Swt Dan akan dikabulkan oleh Nya juga.
Jadi bukan karena tempat ataupun tugunya ya sobat.

suasana umrah dan liburan serta erwisata di jabal rahmah
Suasana jabal rahmah

Tips ketika berwisata Dan mengunjungi bukit arafah ( jabal rahmah)

Apa saja yang kita perlukan ketika berwisata dan mengunjungi jabal rahmah ini?
1. Sediakan masker , ini penting karena ketika kita berwisata ke daerah berpasir, angin nya sangat kencang Dan menerbangkan pasirnya kemana-mana, jadi usahakan gunakan masker untuk melindungi wajah sobat ya.
2. Gunakan kaca mata hitam ataupun sejenisnya, ini penting karena saat mendaki wajah kita akan menengadah ke atas, sehingga silau matahari akan membuat mata kita sakit bila tidak menggunakan kacamata ini.
3. Gunakan penutup kepala atau payung, cuacanya yang lumayann panas membuat kita akan sempoyongan kena sengatan matahari. Usahakan agar menggunakan sejenis topi ala orang arab ataupun payung untuk menghindari kepala sobat dari panas matahari.
4. Bawalah minuman dingin / air putih. Jangan tidak bawa minum, meski disana juga ada jual minum, tapi kan lebih hemat, tidak perlu keluar biaya lagi.
5. Tugu hanyala simbol Dan penanda. Inilah tips yang paling penting. Tidak perlu berdoa dengan sengaja mengahadap sekitar tugu, kalau hanya foto-foto boleh, buat eksis saja. Jgn solat sengaja menghadap tugu, ingat kita harus waspada jgn sampai hawa nafsu membuat kita berbuat dosa ya sob.
tugu monumen yang ada di jabal rahmah bukit padang arafah
Tugu ( monumen ) jabal rahmah

Baiklah tadi semua adalah sedikit review mengenai jabal rahmah , tempat wisata religi yang tak henti dikunjungi dan bisa menimbulkan rasa romantika dalam hati,hehe. Semoga review ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin sekedar tahu ataupun yang ingin menambah wawasan tentang jabal rahmah , tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi turis, wisatawan umrah maupun jamaah haji.

Ok keep watch dan ayok melalak :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »