Wisata ke Jim Thompson, museum sutra yang ada di Bangkok

Wisata ke Museum Jim Thompson, Rumah Sutra Unik di Bangkok


Kali ini saya mau share mengenai sobat travelers yang ingin berwisata ke museum jim thompson, rumah sutra yang unik di Bangkok. Museum Jim Thompson ini adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan mancanegara ataupun para backpackers yang sedang liburan ke negeri gajah putih ini. Apa keunikan museum Jim Thompson ini? Seperti apa tempatnya? Mari kita review segala hal yang berkaitan dengan museum ini. Check it out!

Asal Usul Museum Jim Thompson

      Museum Jim thompson Aslinya adalah sebuah rumah biasa kepunyaan warga Amerika yang menetap di Bangkok, ia adalah James Harison Wilson Thompson atau lebih dikenal dengan Jim Thompson. Lahir di Greenville pada 1906, Jim memiki ketertarikan yang tinggi pada bidang arsitektur dan berkuliah di Universitas Pensylvania pada tahun 1940. Perang dunia ke 2 menjadi salah satu penentu arah terbesar dalam perubahan kehidupannya, ia menjadi salah seorang anggota militer dan merupakan anggota dari OSS ( Office of strategic Service), dimana ia berkeliling ke belahan dunia, termasuk italia afrika dan lainnya dalam menjalankan profesi barunya itu. Namun pada akhirnya misi ini pun berakhir di Bangkok dan dia mulai menyukai kota Bangkok dan berencana untuk menetap di Bangkok.
      Setelah menetap di Bangkok Jim punya pandangan lain, yaitu bahwa Bisnis travel dan wisata akan meningkat setelah perang dunia 2 berakhir. Berbekal jiwa arsitektur yang dimilikinya Jim pun membangun rumah itu dengan gaya perpaduan Eropa dan Asia Tenggara beserta seluruh barangnya yang mengikuti keunikan barang khas Thailand saat itu, dan ia juga berencana menjadikan rumah itu sebagai rumah singgah para pelancong dan wisatawan. Rumah itu sengaja didirikan Jim Thompson di pinggiran aliran Sungai Chao Praya yang merupakan aliran Sungai utama di kota Bangkok agar rumah itu mudah disinggahi kapal yang lewat dan memudahkan dalam hal transportasi menuju rumah itu. Museum tenun sutra itu pun terdiri dari Bahan kayu Jati dan berbentuk rumah panggung yang sangat unik. Jim Thompson pun akhirnya menjadi seorang pebisnis di kota Bangkok dan bekerja sama dengan pemerintah. Namun Jim Thompson tiba-tiba menghilang dalam perjalanan bisnisnya, sehingga banyak sekali isu yang beredar seputar kehilangan nya itu, ada yang mengatakan dia diculik oleh salah satu organisasi militer dan sebagainya. Namun apapun itu, kini rumah karya James H.W. Thompson alias Jim Thompson kini bisa dinikmati keindahannya oleh turis maupun wisatawan pecinta museum hingga saat ini dan nama nya pun dikenal sebagai museum Jim Thompson.

Wisata ke museum Jim Thompson, rumah sutra unik di Bangkok
gadis penenun sutra


Keunikan Museum Jim Thompson

      Pertama kali kita sampai di museum kita akan disambut oleh berbagai souvenir dan taman yang indah dan unik, serta ada pemintalan kain sutra yang merupakan salah satu ikon dari Museum Jim Thompson ini. Di situ kita bisa melihat secara langsung proses pemintalan kain sutra itu secara gratis tanpa bayar. Kita beli tiket ketika kita akan masuk ke Museum Jim Thompson. Begitu masuk ke Museum unik ini kita akan langsung ditawari untuk menggunakan jasa tour guide, tidak perlu bayar lagi karena sudah termasuk dalam tiket yang sudah dibayarkan. Tour ini memakan waktu sekitar 45 menit dan tour guide nya akan menjelaskan sejarah museum Jim Thompson ini dan keunikannya dengan menggunakan bahasa inggris.
     Rumah ini merupakan rumah panggung, terdiri dari 6 bagian dimana tidak semua bagian dari rumah ini bisa di akses oleh wisatawan tapi hanya sebagian saja dan kita tidak boleh menggunakan kamera di dalam rumah ini. Rumah ini memiliki ruang yang hampir sama dengan rumah biasa, yaitu ruang kamar tidur, taman, ruang tamu sampai tempat ibadah. Namun hanya itu yang biasa, yang lain adalah unik, baik berupa perabot, lantai, lukisan sampai aktivitas yang ada di rumah ini. Ruang utama dari Museum Jim Thompson adalah rumah yang paling besar, terletak di lantai 2, ada kamar tidur Jim Thompson dan ada kamar bersantai yang menghadap ke sungai. Kita akan menemukan tempat buang air kecil berebntuk kodok dan kura-kura, sangat unik. Lukisan yang ada pun sudah berusia sangat tua dan ada banyak sekali. Bahkan jendela sampai patung-patung yang ada sangat unik berbentuk khas thailand. Namun tidak semua khas Thailand, karena sebagian besar juga didominasi oleh porselen keramik dari China seperti piring sendok dan lainnya. Perabotan ini didapat ketika si Jim sedang berkelana ke berbagai belahan dunia. Bahkan yang cukup unik ada televisi yang isinya adalah tikus yang terjebak dalam labirin, sunguh-sungguh unik.

Wisata ke museum Jim Thompson, rumah sutra unik di Bangkok
bahan kain untuk memnintal sutra
Wisata ke museum Jim Thompson, rumah sutra unik di Bangkok
tour guide Museum Jim Thompson

Harga tiket museum jim thompson

    Harga tiket Museum ini sekitar 150 Baht atau sekitar Rp.60.000 ( kurs Rp.400 ) ada diskon bagi wisatawan di bawah umur 25 tahun sekitar 50 % dengan menunjukkan paspor. Tiket tidak usah di beli online karena sepertinya mereka tidak menyediakan promo-promo khusus, jadi langsung beli di counter tiket saja.

Lokasi dan transportasi

Lokasi : Berada di jln  soi 2 kasensamrama I Road, Dekat dan berseberangan dengan MBK national stadium, namun lokasi nya agak di dalam gang sedikit, sehingga anda harus jalan ke dalam gang itu sekitar 300m sih. Tidak usah naik tuktuk kedalam gang nya, karena cuma dekat aja kok dan rumahnya berada di paling ujung.
Transportasi : Kalau naik BTS turunlah di national stadium, dan cukup jalan 100 m dari BTS tersebut menuju gangnya. Gang nya berada di selah hotel ibis, lalu jalan lurus saja museum Jim Thompson paling ujung di seblah kiri.

Wisata ke museum Jim Thompson, rumah sutra unik di Bangkok
Ruang Tamu Jim Thompson

Tips dan trik 

1. Siapkan energi dan baterai smartphone sobat travelers karena energi anda akan rajin berfoto disini, begitu juga dengan power bank, jangan lupa dipersiapkan.
2. Kalau sobat hanya sendiri atau berdua jangan lupa bawa tongkat narsis atau tripod jadi bisa foto-foto dengan gaya semaksimal mungkin.
3. Waktu minimal yang anda butuhkan adalah sekitar 1 jam saja dalam berwisata ke museum Jim Thompson ini, karena di museum ini tidak terlalu besar. Setelah mengikuti tour guide 45 menit, mungkin bisa menambahkan waktu 15 - 30 menit disini untuk menikmati suasana.
4. Sediakan slot memori tambahan atau kosongkan memori pada Smartphone atau Kamera anda,, sehingga bisa memuat banyak foto sesuai yang anda inginkan.
5. Tempat ini memiliki kesan tenang, romantis dan unik sehingga sangat cocok dikunjungi oleh pasangan baru ataupun yang lagi honeymoon.

     Sekian sedikit review mengenai museum Jim Thompson, museum tenun sutera yang unik yang ada di Bangkok, semoga review mengenai museum Jim Thompson, rumah sutra unik di Bangkok ini bisa membantu para sobat travelers dalam menentukan tujuan di Bangkok ketika sedang liburan atau akan liburan kesana. 

Okk keep travel dan ayok melalak :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »