6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok

6 Jenis transportasi yang digunakan wisatawan saat berkunjung ke bangkok


     Kalau kita wisata ataupun berlibur ke luar negeri pasti kita harus beradaptasi dengans istem transportasi yang ada di negara tersebut. Apalagi kalau ke luar negeri, kali ini saya mau share sedikit mengenai review 6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok, Thailand. Seperti apa keunikannya ? Lalu apa kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasan berikut. Check it out !

1. BTS 

     Bts adalah kereta cepat yang berjalan di bagian atas jalan raya, yang lebih dikenal dengan skytrain. Memiliki prasarana yang sangat baik seperti stasiun yang besar dan modern disertai dengan metode pembelian tiket secara langsung di mesin pembelian tiket, serta tersedianya eskalator menuju pintu masuk kereta,membuat prasarana bts ini sangat luar biasa. Bts memiliki kecepatan yang cukup tinggi dan cepat dalam menyusuri kota bangkok dari atas jalan raya, sehingga membuat para wisatawan cukup sempat untuk menikmati wisata mata melihat gedung-gedung tinggi yang ada disekitar bangkok. Harga tiket nya yang relatif cukup mahal ketimbang transportasi publik yang lain nya tidak terlalu menjadi persoalan, karena berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh BTS ini salah satunya yaitu bisa melewati kemacetan di jam pulang kantor yang bisa menyita banyak waktu penduduk lokal maupun turis mancanegara. Kelebihan lainnya yaitu kereta ini beroperasi cukup lama antara jam 06:00 pagi hingga pukul 23:00, selain itu sambil menunggu di tempat antrian anda akan bisa menyaksikan iklan ukuran raksasa yang dipasang secara efisien dan pintar, karena tidak mengganggu tata letak keindahan kota, Satu -satunya kelemahan dari BTS ini adalah akses nya yang tidak mengcover semua sudut kota Bangkok, dan hanya spot tertentu yang di lalui oleh kereta cepat ini, seperti pusat perbelanjaan terkenal dan daerah inti kota saja, namun selebihnya mengenai BTS ini adalah luar biasa.
6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok
BTS


2. MRT

     Mrt atau Mass Rapid Transit system adalah kereta cepat yang hampir sama dengan BTS baik dari segi sarana maupun prasarana. Sama-sama memiliki kecepatan yang tinggi, ruang antri yang eksklusif dan modern serta interior kereta yang sangat nyaman karena full Ac, ada LCD dan suasana yang bersih. Salah satu pembedanya adalah kereta ini menyusuri bangkok melalui jalan  bawah tanah, sehingga kita tidak bisa menikmati suasana kota Bangkok dari dalam kereta, selain itu pembedanya tiket kereta mrt berupa koin kecil yang mengandung elektromagnetik, dimana kalau BTS menggunakan sejenis kartu sebagai tiketnya. Tiket ini nantinya tinggal di tap atau ditempelkan saja pada barrier atau portal sebelum kita memasuki arena antrian. Mrt memiliki hampir semua kelebihan yang dimiliki oleh bts namun mereka menggunakan rute yang berbeda, sehingga bts dan mrt ini merupakan dua transportasi publik yang wajib anda gunakan ketika berwisata dan liburan ke bangkok, namun tergantung rute yang akan anda lalui, karena pada dasarnya dua transportasi ini tidak bersinggungan atau saingan. Kelemahannya sama dengan BTS yaitu memiliki akses yang terbatas ke spot-spot tertentu di kota bangkok, seperti perbelanjaan yang terkenal saja sehingga kita harus menggunakan transportasi lain menuju daerah itu. Apakah anda Sudah coba Mrt dan bts?  Kalau belum maka anda wajib mencobanya.
6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok
Mrt

3. Tuk-tuk

     Tuktuk adalah sejenis kendaraan seperti bajai yang ada di jakarta, ya tuktuk adalah kendaraan tradisional yang unik dan juga bisa jadi andalan buat kamu yang sedang liburan dan wisata di bangkok. Memiliki body yang kecil dan gampang di jumpai dimana saja, membuat tuktuk ini sangat efisien dalam menyusuri gang-gang kecil yang ada di Bangkok, dengan sistem negosiasi harga di awal dan menggunakan ac alam alis angin sepoy-sepoy membuat suasana semakin asik dalam menjelajah kota Bangkok terutama untuk rute-rute dalam kota dengan jarak dekat. Kelemahan dari tuktuk yaitu suara knalpotn nya yang berisik dan cukup unik, serta komunikasi yang agak sulit dengan pak sir tuktuknya karena sebagian mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Selain itu banyak pengalaman dari para travelers bahwa sopir tuktuk suka singgah-singgah di sebuah toko, dimana kalau kita membeli di toko itu dia akan mendapat komisi, sehingga kadang membuat kita kesal karena dia sering memutarkan kita terlebih dahulu ke toko langganannya itu. Yang paling parah adalah tarif, sebagian supir tuktuk sering mematok harga sangat tinggi untuk para turis, sehingga bahkan kadang sering lebih hemat menggunakan taxi. Namun kita bisa menggunakan tutktuk untuk perjalanan jarak dekat dalam kota Bangkok ketika berwisata dan tawar menawar sekandas-kandas, ya nego sampai jadi, hehe.
6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok
tuk tuk

4. Ferry

     Ferry atau express boat adalah salah satu transportasi yang wajib di gunakan ketika kamu berada di bangkok, karena ferry di bangkok sangat ramai dan aktif digunakan oleh para turis. Express boat atau ferry atau kapal penyeberangan ini memiliki bentuk yang standard, tidak ada sesuatu yang cukup unik, bentuknya hanya kapal biasa saja. Namun yang menjadi kelebihan adalah dalam menuju express boat ini kita cukup naik bts atau mrt dan akan sampai langsung di depan dermaga atau pelabuhan, paling jalan kaki sekita 50 meter dari Bts. Akses menuju pelabuhan sangat luar biasa, sehingga sangat memudahkan para wisatawan, karena di dalam rute map pun simbol untuk express boat ada ditampilkan. Selain itu ferry ini akan berhenti di sekitar 10 titik, dimana titik - titik itu adalah spot-spot populer di kota Bangkok, seperti hote-hotel terkenal dan salah satunya yaitu Grand Palace, atau istana kerajaan yang merupakan ikon dari negara gajah putih itu. Kelemahan nya hanya pada sarana transportasi yaitu express boat itu sendiri yang menurut kami sangat standar dan jauh dari kesan modern, namun melintasi sungai chao praya itu sungguh mengasikkan, sehingga kamu akan mengabaikan keunikan dari express boatny.

5. Airport Rail link

     Airport Rail Link adalah salah satu transportasi publik yang digunakan oleh wisatawan yang ingin pergi atau baru sampai di Bandara. Memiliki jalur sendiri dan akses yang terbatas yaitu sekitar bandara saja membuat Airport rail link hanya digunakan saat - saat tertentu saja oleh wisatawan. Tidak banyak yang bisa di review mengenai airport rail link karena tidak digunakan untuk berjelalah kota Bangkok. Namun bila anda ingin menggunakan nya, mungkin anda bisa mencobanya ketika sampai di kota Bangkok.

6. Bus & Taxi

    Kehadiran Bts dan Mrt otomatis membuat para wisatawan kemungkinan lebih memilih BTs dan mrt, namun bila lokasi  tidak bisa dijangkau oleh bts dan mrt maka hal ini membuat taxi menjadi pilihan utama selain tuktuk dan bus. Kenapa seperti itu? Karena sudah jelas kalau taxi lebih nyaman dari bus dan tuktuk, serta pembayaran bisa di share ke teman apalagi kalau pergi berempat.  Taxi disini tidak jauh beda dengan indonesia,ya sama saja yaitu tetap nenggunakan produk jepang, menggunakan argo dengan tarif yang kadang bahkan lebih murah dari bts sekalipun bila kita pergi berempat. Bila kita teliti menggunakan taxi kadang bisa lebih efisien dadi Bts ataupun mrt, sehingga pantas lah taxi kita jadikan alternatif kedua setelah bts ataupun mrt.
6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok
taxi

    Itulah 6 jenis transportasi yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke bangkok. Semoga review tadi bisa membantu kamu yang berniat melancong ke negeri gajah putih in.

Ok keep travel dan ayok melalak :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »