Tips Wisata syariah di Bangkok Thailand bagaian 1

Tips Wisata syariah ke Bangkok Thailad bagian 1


Bagi para sobat travelers yang ingin liburan ke Bangkok khususnya yang beragama muslim, pasti bingung mau beribadah dimana ataupun mau makan di restoran mana. Hal itu wajar saja karena memang negara Gajah putih ini didominasi oleh agama budha, jadi tidak seperti di Indonesia sarana dan prasarana yang ada di bangkok tidak sebanyak yang ada di Indonesia dalam kaitan beribadah secara islam. Jadi apa tips nya bagi wisatawan beragama muslim yang ingin berwisata ke Bangkok, check it out !

Lokasi shalat


Bagi kamu baru sampai di Bangkok sudah menjadi kewajiban untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu, namanya saja juga sudah kewajiban jadi harus dilakasanakan, kalau tidak dilaksanakan maka akan ada hukuman dari Allah SWT. Jadi dimana saja lokasi yang kamu bisa solat dan memungkinkan buat solat, serta dimana lokasi yang membuat kamu harus radikal dalam membentang kan sajadah kamu? Ok kita review satu persatu tempat ini. Check it out

1. Hotel

     Hotel adalah tempat kita menginap, jadi sudah tentu kita memiliki keleluasaan disini. Namun hampir semua hotel tidak menunjukkan arah kiblat dan menyediakan sajadah, jadi sudah tentu kamu harus menggunakan aplikasi qiblat yang ada di playstore ataupun appstore. Download aplikasi nya dan aplikasi nya akan menunjukkan arah shalat. Selain itu sobat teavelersharus menyediakan sajadah sendiri, ataupun sarung juga tidak masalah sebagai alternatif asalkan bersih. Tapi pada kenyataan nya kita sering lupa membawa sajadah atapun tidak download aplikasi qibla, jadi lah kita lupa menunaikan shalat.
     Bagaimana dengan yang tinggal di motel ? Karena biasanya kita kan tidur nya rapat-rapat dana apa adanya, namun itu tidak menjadi masalah karena yang paling penting adalah bersih. Hotel yang jaraknya dekat dengan mushola atau mesjid adalah hotel yang berada di daerah petchaburi. Karena daerah petchaburi adalah daerah mayoritas muslim, jadi anda bisa menjadikan hotel di daerah itu menjadi pilihan bila anda ingin berjamaan dan merasakah shalat di mesjid yang ada di Bangkok. Salah satu mesjid yang populer adalah mesjid darul aman, di dekat situ juga banyak kawasan hotel, tinggal anda sesuaikan saja budget yang anda miliki.
Tips Wisata syariah di Bangkok Thailand bagaian 1
Shalat di Hotel

2. Mall dan pusat wisata

     Sudah tidak asing lagi kalau banyak orang indonesia yang berbelanja di kota eksotis ini, sehingga para wisTawan pun pasti juga akan mengunjungi mall-mall yang ada di Bangkok baik untuk belanja maupun hanya sekedar nongkrong dan cuci mata, semua bebas saja sesuai keinginan. Namun bagaimana bika tiba waktu shalat? Ternyata sebagian pusat  perbelanjaan ataupun plaza ini memiliki mushola yang ada di dalamnya, bahkan ada juga yang memiliki mejid yang berada di depan nya. Kita
     MBk adalah pusat perbelanjaan barang-barang dari murah sampai mahal, dari original sampai tiruan semua ada. Mbk ini juga merupakan mall favorit tujuan orang Indonesia, apalagi lantai 6 nya diisi oleh lapak-lapak kecil dengan barang-barang yang unik dan murah meriah. Lalu bagaimana dengan musholanya? Sangat beesih , lengkap ada tempat wudhunya, harum dan sangat baik lah pokoknya. Meskipun ukuran nya kecil namun cukup lah untuk kita juga ingin beristirahat sejenak disitu sambil meregangkan kaki karena kebas dan lemas abis belanja,hehe.
     Selain MbK mungkin ada pasar chatuchak juga dan ada asiatique juga. Kalau di pasar cahatu hak berada di bagian tengah di dekat monumen, lokasi nya juga cukup baik. Lalu di asiatique, kali ini bukan mushola tapi mesjid dan ukuran nya cukup besar, posisinya pun pas did depan asiatique di sebelah foodcourt 
Kenapa hal ini penting diketahui ? Karena selain ingin merasakan berjamaah di beda negara ( asli kaya shalat di Indonesi , nothing different, terasa menyatu ) juga untuk memudahkan kita dalam mengatur jadwal perjalanan kita.
Tips Wisata syariah di Bangkok Thailand bagaian 1
Musola di MBK


3. Bandara

   Waktu ke sampai di Bangkok di Bandara don Mueang, kami sampai pukul 7 malam, karena wKtu cukup panjang kami memutuskan shalatdi hotel. Namun ketika dalam perjalanan pulang, saya dan istri memutuskan shalat di Bandara. Ketika tanya-tanya ke petugas mereka bilang bahwa tidak ada mesjid ataupun moshala di dalam bandara, tapi saya tidak tahu apa merek tidak paham yang saya ucapkan  jadi saya pilih untuk membaca review salah seorang blogger indonesia dia mengatakan bahwa ada mushola nya tapi dia tidak mengatakan secara detail lokasinya. Saya ikuti petunjuk yang ada di blog ti ternyata saya tidak menemukannya, entah memang disana ada mushola atau ternyata sudah di bongkar, saya tidak tahu. Mungkin anda bisa menambahkan komentar bila menurut anda saya yang salah, kan lumayan bisa berbagi info, hehe.
Akhirnya kami pun membentangkan sajadah dan menggunakan aplikasi qibla lagi, meskipun jadi bahan totonan, tapi tidak masalah yang penting kewajiban terlaksana.

4. Mesjid

Kalau yang ini sudah tidak perlu dibahas secara detail, mungkin yang perlu dibahas adalah dimana lokasi mesjid nya. Seperti yang saya bahas di atas, mesjid di daerah siam ada, di daerah petchaburi juga ada beberapa. Yang perlu anda lakukan cukup membuka google maps, sehingga bila anda ingin berkunjung ke mesjid tersebut anda bisa menentukan rute-rute perjalanan anda
Tips Wisata syariah di Bangkok Thailand bagaian 1
Mesjid Darul Aman


Tips dan trik

1. Kamu wajib download aplikasi qiblat, ibadah atapun sejenisnya yang berhubungan dengan shalat untuk membantu sobat travelers dalam mengetahui waktu shalat serta mengetahui arah kiblat. Hotel tidak akan memberikan penunjuk arah qiblat, dan janbgan harap anda bisa bertanya keasa resepsionis nya mengenai kiblat. Kamu bisa download aplikasinya di playstore ataupun appstore, tergantung gadget kamu.
2.  Jangan lupa bawa sajadah, karena kalau lupa kamu pasti akan menggunakan sarung, sementara fungsi sarung mungkin adalah untuk alas atau semacamnya, sehingga mengurangi fungsi sarung. Lalu kalau kita shalat di karpet hotel, kita tidak tahu karpet itu suci atau tidak ( suci beda dengan bersih ). Lalu memiliki sajadah akan memudahkan kita dalam beribadah secara mendesak seperti di Bandara contohnya.
3. Download google Map untuk mengetahui lokasi-Lokasi mesjid dan memudahkan kamu dalam mengetahui hotel yang berdekatan dengan mesjid bila kamu ingin pesan hotel ataupun motel yang dekat mesjid. Lumayan kan sambil jalan-jalan ibadahnya ga ketinggalan
4. Ada baiknya kita menjamak shalat kita, agar memudahkan dalam perjalanan dan berwisata di Bangkok. Sehingga tidak perlu khawatir terlewat waktu shalat.

     Mungkin itu saja review yang bisa kami share mengenai tips wisata syariah ke bangkok bagian 1 yaitu mengenai shalat. Semoga review mengenai tips wisata syariah ke Bangkok ini bisa membantu sobat travelers ketika liburan nanti plus supaya ibadah nya sobat ga tinggal. Ok cukup sekian dan terimakasih.

Keep travel dan ayok melalak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »