Persiapan Umroh bagi Pria dan Wanita

Persiapan Umroh Bagi Pria dan Wanita


Sobat trevelers akan umroh dalam waktu dekat? Jangan lupa sebelum berangkat , sobat harus membuat beberapa persiapan agar ibadah yang sobat jalankan di tanah suci nanti bisa lebih maksimal. Berikut kita akan beri tips persiapan umroh untuk para sobat trevelers, hanya kali ini kita mau share persiapan umroh berupa fisik dan mental ya, bukan material, eits jangan ditutup dulu halamannya, baca sedikit mana tau bisa menambah wawasan kamu, iya kan? hmmm.


Persiapan Umroh bagi Pria dan Wanita
DIbutuhkan fisik yang kuat untuk mendakii Jabal rahmah

1. Persiapan Rohani

Sobat trevelers pertama sekali harus meluruskan niat, dimana ibadah yang dijalankan hanya semata karena dan untuk Allah SWT. Niat awal merupakan penentuan amal yang akan dikerjakan, dengan adanya niat yang lurus mudah-mudahan dapat membantu sobat trevelers menjalankan ibadah umroh dengan baik dan sempurna.


2. Bertaubat

Bertaubat atas semua hal yang pernah dilaksanakan. Sobat trevelers tentu akan sulit mengingat apa-apa saja hal yang pernah dilakukan dimasa lalu, apakah itu menyakiti orang lain atau tidak. Maka oleh karena it, alangkah lebih baik jika sebelum berangkat ibadah umroh sobat trevelrs meminta maaf terutama kepada kedua orang tua, keluarga, tetangga, dan kerabat dekat.

3. Belajar

Ada baiknya sobat trevelers belajar mengetahui hukum-hukum agama mengenai ibadah umroh,seperti hal-hal yang jangan dilakukan selama melakukan ibadah umroh, dan jenis ibadah lainnya yang akan sobat trevelers jalankan selama umroh (sholat dalam perjalanan, tayamum, waktu sholat, sholat sunnah, dan macam lainnya). Belajar ilmu agama adalah salah satu persiapan umroh.

4. Lunasi hutang

Untuk menyempurnakan ibadah umroh, ada baiknya kita berangkat dengan keadaan yang sebaik-baiknya. Melunasi hutang ataupun mengembalikan barang yang pernah dipinjam, serta mencari sumber dana yang halal untuk biaya ibadah umroh, merupakan hal yang sebenarnya harus diperhatikan sobat trevelers. Mudah-mudahan dengan keadaan yang baik makan perjalanan ibadah serta kondisi selama melakukannya akan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Persiapan Umroh bagi Pria dan Wanita
hindari belanja apalagi berhutang

5. Amalan baik wajib dan sunah.

Jagalah amalan baik yang wajib dan sunah sobat trevelers, agar nanti sobat terbiasa menjaga dan mengamalkannya selama di tanah suci.

Pesiapan fisik

Siapa bilang ibadah umroh itu mudah? Umroh termasuk ibadah yang tidak ringan loh sobat trevelers, apa lagi bagi yang sudah lanjut usia. Jika sobat trevelers akan beribadah bersama orang tua yang sudah lanjut usia, maka persiapan fisik juga harus diperhatikan seperti:
- Lari-lari kecil
Sobat trevelers bisa mulai dari berjalan kaki atau melakukan olahraga lainnya setiap pagi agar melatih kebugaran badan
- Minum multivitamin
Jangan lupa mulai rajin vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Pada umumnya tubuh membutukan vitamin untuk menjaga tetap sehat selama beraktifitas dengn kebutuhan energi yang banyak.
- Konsultasi ke dokter
Jika dibutuhkan, ada baiknya sobat trevelers konsultasi ke dokter agar mendapat arahan kesehatan yang sesuai dengan keadaan sobat jika memili sejarah penyakit tertentu. Termasuk obat-obatan yang sobat butuhkan selama melakukan ibadah umroh di tanah suci.

     Sekian Secuil tips Persiapan Umroh bagi pria dan wanita, semoga review tadi bisa menambah wawasan kita bahwa haji ataupun umroh bukan hanya bermodalkan materi saja, tapi juga disertai fisik yang kuat dan mental yang hebat. Jangan lupa bagikan tulisan ini bila bermanfaat menurut kamu.

Keep Travel dan Ayok Melalak

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »